Senin, 09 Januari 2012

Puisi-BahagiaKu Surga Mereka, Dan DeritaKu Pilu Mereka.

Aku berdiri berdiri di sebuah jalan setapak yang gelap ..
Pandanganku tertuju pada dua orang di kejauhan sana

dengan senyuman yang tak asing di mataku ..
Dua orang yang sangat aku
harga, dua orang yang sangat aku hormati , 

aku cintai dan aku sayangi ..
ya .. mereka bapak dan ibuku ..
 

Dengan di sertai senyuman aku berjalan menghampiri mereka 
seiring dengan langkah .. Terlintas di benakku
atas apa yang telah mereka lakukan terhadap hidupku
selama ini ..
 

Ibu yang telah
mengandungku selama sembilan
bulan , ibu yang sudah
memperjuangkan hidup dan matinya hingga aku dapat hadir di dunia ini ..
 

Ibu juga yang telah
merawatku dengan penuh kelembutan dan kasih sayang ..
Bapak yang telah mendidikku , bapak yang rela bekerja banting tulang
ikhlas.. mengeluarkan
keringatnya agar aku dapat menikmati hidup detik demi detik, hari demi hari,
bahkan tahun demi tahun .. 


Apakah yang dapat kulakukan untuk membalas mereka ?
Sering aku tutup kuping ngak mau dengerin nasehat mereka ..
Sering banget aku bohong kepada mereka untuk kepuasanku ..
Sering aku ngelawan jika mereka marah karena kenakalanku ..
Sering juga aku banting pintu di
hadapan mereka 


jika mereka tidak mengabulkan permintaanku ..
Dan bahkan sering aku mengeluarkan kata kata kasar
yang nggak pantas mereka dengar dari bibirku ..
" dasar cerewet " , " kuno " , " kolot " ..
Tapi apakah mereka memendam rasa dendam terhadapku ? 



Tidak... tidak sama sekali mereka dapat tulus memaafkan
kekhilafanku mereka tetap menyayangiku
dalam setiap hembusan nafas
mereka bahkan mereka tetap menyebut namaku

dalam setiap doa doa mereka ..
hingga aku menjadi seperti sekarang ini ..
 

ya tuhan... betapa durhakanya
aku tak sadarkah aku
bahwa mereka orang yang sangat berarti dalam hidupku ..
Langkah-langkahku terhenti di hadapan mereka

dan kupandangi ibu dan
bapakku inchi demi inchi ..
Badan yang dulu tegap , kekar ..
kini mulai membungkuk .. 


Rambut yang dulu hitam kini mulai memutih ...
Dan kulit mereka yang dulu kencang 

kini mulai berkriput ..
kutatap mata mereka yang berbinar-binar

dan mulai meneteskan air mata bahagia , air mata haru , air mata bangga ..
Kucium tangan mereka , kupeluk
mereka sambil berkata .. 


" Ibu... Bapak... yang aku berikan
hari ini tidak akan cukup membalas semua yang telah
Ibu dan Bapak berikan selama ini kepadaku
terima kasih Bu ... terima kasih Pak... "
aku sayang Ibu dan Bapak sampai akhir hayatku ..

1 komentar: